Perbedaan Prezi Presentation dan Power Point

PREZI PRESENTATION

Prezi adalah sebuah perangkat lunak untk presentasi berbasis internet. Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampillan media presentasi mereka.

Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta pikiran (mind map) sebagai contoh dari presentasi non linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua objek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot objek-objek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Prezi pada awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria bernama Adam Somlai-Fischer sebagai alat visualisasi arsitekstur. Misi yang dinyatakan oleh Prezi adalah untuk membuat berbagi ide menjadi lebih menarik, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual dan bersifat naratif.

Perbedaan Prezi Presentation dan Power Point

Prezi seperti yang dijelaskan sebelumnya , merupakan perangkat lunak yang membantu dalam Proses presentasi  berbasis internet. Sedangkan Microsoft Power Point merupakan salah satu program aplikasi Microsoft Office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk presentasi dan mengajar bisa dikatakan hamper semua kalangan pelajar, mahasiswa, orang orang kantoran, dll., pernah menggunakan software ini.

Perbedan nya adalah :

  1. Untuk menggunakan Prezi, kita harus memiliki akun Prezi terlebih dahulu, sedangkan untuk power point, kita sebagai user tidak harus memiliki akun terlebih dahulu.
  2. Prezi digunakan dan dibuat dalam keadaan online (menggunakan internet), sedangkan Power Point digunakan dalam keadaan offline.
  3. Prezi memiliki berbagai macam lisensi tema yang lebih bervariasi, sedangkan Power Point hanya memiliki tema yang sederhana.
  4. Prezi programnya dilengkapi dengan (ZUI) en:Zooming User Interface  yang memungkinkan user untuk bisa memperbesar dan memperkecil layar presentasi. Sedangkan Power Point animasi slide lebih banyak dibandingkan Prezi.
  5. Untuk penggunaan Prezi dalam jangka waktu lama harus berbayar, sedangkan untuk versi pubik dibatasi penggunaannya selama 30 hari. Sedangkan Power Point proses instalasi bisa online dan offline.
  6. Prezi lebih mudah digunakan dan data editing tersimpan di web, sedangkan Power Point langsung tersimpan di computer atau laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *