Metaverse telah menjadi topik pembicaraan hangat baru-baru ini, dengan Facebook dan Microsoft sama-sama mempertaruhkan klaim. Tapi apa itu metaverse? Dan kapan akan sampai di sini?

Penulis Neal Stephenson dikreditkan dengan menciptakan istilah “metaverse” dalam novel fiksi ilmiah tahun 1992-nya “Snow Crash,”. Ia membayangkan avatar manusia hidup yang bertemu di bangunan 3D realistis dan lingkungan realitas virtual lainnya.

Sejak itu, berbagai perkembangan telah membuat tonggak sejarah dalam perjalanan menuju metaverse nyata. Dunia virtual online yang menggabungkan augmented reality, virtual reality, avatar holografik 3D, video dan sarana komunikasi lainnya. Saat metaverse berkembang, ia akan menawarkan dunia alternatif yang sangat nyata bagi Anda untuk hidup berdampingan.

Firasat metaverse sudah ada di dunia game online seperti Fortnite, Minecraft, dan Roblox. Dan perusahaan di balik game tersebut memiliki ambisi untuk menjadi bagian dari evolusi metaverse.

Apa itu metaverse?

Ini adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi. Termasuk virtual reality, augmented reality dan video di mana pengguna “hidup” dalam dunia digital. Pendukung metaverse membayangkan penggunanya bekerja, bermain, dan tetap terhubung dengan teman-teman. Melalui segala hal mulai dari konser dan konferensi hingga perjalanan virtual keliling dunia.

“Saat ini, kami berada di puncak internet berikutnya,”. Kata Matthew Ball, Managing Partner dari perusahaan modal ventura Epyllion Industries, dalam esai Februari 2021 di situsnya.

Kapan kita bisa berharap untuk melihatnya?

Mark Zuckerberg, CEO Meta yang baru bernama (sebelumnya Facebook). Memperkirakan perlu waktu lima hingga 10 tahun sebelum fitur utama metaverse menjadi arus utama. Tetapi aspek metaverse saat ini ada. Kecepatan broadband ultra-cepat, headset realitas virtual, dan dunia online yang selalu aktif sudah tersedia dan berjalan, meskipun mungkin tidak dapat diakses oleh semua orang.

Sumber:

Everyone wants to own the metaverse including Facebook and Microsoft. But what exactly is it?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *